Minggu, 15 Juli 2018

Renovasi Rumah Konsultan IT

tampak 1

Konsep Smart Renovation pada renovasi rumah konsultan IT

Melalui e-mail dikirim klien lama kita yang meminta untuk mendesainkan renovasi rumah konsultan IT. Dalam job description renovasi klien meminta untuk perluasan atau memaksimalkan ruang belakang berfungsi sebagai ruang makan, dapur/pantry, kolam ikan kecil, dan perluasan ruang tidur utama. Sementara pada lantai 2 terdiri dari ruang keluarga, ruang jemur, dan roof garden serta fasade bangunan juga di rubah agar berkesan modern.
Persyaratan lain yang diminta pada renovasi rumah konsultan IT ini yaitu efektif dan efisien dalam biaya, sehingga tidak menimbulkan biaya yang besar.

KONSEP

Masa bangunan existing (depan) dan yang baru (belakang) dibuat terpisah sehingga atap bangunan lama tidak di bongkar. Taman yang hilang di lantai 1 di pindah ke lantai 2 (roofgarden).
konsep

DENAH

Pengembangan denah renovasi rumah konsultan IT pada lantai 1 antara lain perluasan ruang tidur utama, ruang makan, dapur/pantry, kolam ikan, dan ruang tangga. Posisi kolam ikan yang berada di tengah ruang menjadi point of view pada lantai 1. Void yang berada tepat diatas kolam ini menjadi area sirkulasi udara dan sumber cahaya alami yang masuk ke dalam. pada lantai 2 di fungsikan sebagai ruang keluarga, roof garden, dan ruang cuci-jemur.

Graphic1

Graphic2

FASADE

Fasade renovasi rumah konsultan IT tidak terlalu banyak yang di ubah hanya memberi point of interest pada teras dan pagar. Pagar depan yang berkesan masif, tinggi dan tertutup kita renovasi rumah menjadi lebih berkesan ringan, transparan dan simple. Hasilnya halaman depan jadi terlihat luas dan teras yang direnovasi lebih terlihat dari depan jalan. Sementara di bagian belakang terdapat dinding bata expose yang merupakan ruang tangga terdapat “sign” 7°51'09.0"S+110°23'14.2"E yang merupakan titik lokasi rumah pada google maps.

INTERIOR

Interior renovasi rumah konsultan IT pada area kolam dan pantry yang menjadi penekanan di desain ini menjadi point of view dimana letak yang bersebelahan hanya di batasi oleh bidang kaca tempered. Void yang berada tepat diatas kolam sebagai cross ventilation yang di beri kisi-kisi kayu yang dapat menimbulkan efek garis-garis cahaya pada dinding kolam.
pantry1
tangga


CATATAN

Tips konsep smart renovation : Renovasi rumah konsultan IT

  • Rencanakan renovasi rumah dengan matang sesuai kebutuhan ruang dan biaya.
  • Apabila memiliki anggaran terbatas rencanakan renovasi sebagian rumah saja, rumah lama bisa dipertahankan sebagian dan hindari perubahan atap.
  • Renovasi fasade pada area tertentu saja yang dapat menimbulkan kesan baru.
sumber : https://hendartoarchitect.wordpress.com/2016/07/01/renovasi-rumah-konsultan-it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar